Fakta Jual Beli Online di Indonesia

Halo Sobat tokobamega,

Apa yang paling sering Anda lakukan saat mengakses internet? Mungkin jawaban pertama yang terlontarkan adalah menggunakan jejaring sosial, bisa facebook, instagram, path atau lainnya.

Jejaring sosial memang merupakan salah satu alasan utama sebagian besar masyarakat Indonesia mengakses internet, Alasan lain mungkin adalah untuk jual-beli online.

Pada kenyataannya, jual-beli online sudah terbilang cukup marak di Indonesia, hampir semua barang kebutuhan mulai dari produk fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, bisa ditemukan melalui situs jual-beli online.

Berikut adalah fakta menarik tentang kegiatan jual-beli online di Indonesia, tentang ‘Profil Pengguna Internet Indonesia’.

 

1. Perempuan lebih sering belanja online

Tanpa harus terkejut, perempuan masih dominan soal berbelanja, baik secara offline maupun online. Berdasarkan survei yang diselenggarakan oleh kedua badan di atas, sebanyak 58% pelaku belanja online adalah perempuan.

 

2. Busana adalah jenis produk yang paling laris

Melihat dominannya pelaku belanja online perempuan, maka tidak terlalu mengherankan apabila busana menjadi komoditas yang paling laku. Berdasarkan survei yang sama, busana mencatatkan angka 71,6% dari seluruh produk yang dibeli secara online, kemudian disusul oleh kosmetik dengan angka 20%.

Di posisi ketiga ada gadget yang mendapat porsi sebesar 17,1%. Peringkat keempat dan kelima diduduki oleh jasa travel dan buku, yang masing-masing memiliki persentase sebesar 9,7%.

 

3. Transaksi paling sering berlangsung via jejaring sosial

Dari tujuh media penjualan online – forum jual-beli, jejaring sosial, mailing list, blog, online store, messenger dan komunitas online – jejaring sosial menempati kedudukan pertama sebagai tempat yang paling banyak dimanfaatkan oleh pedagang online di Indonesia, tepatnya sebesar 64,9%.

Messenger menyusul di posisi kedua dengan porsi 22,9%. Dari sini bisa kita lihat bahwa kegiatan jual-beli online di Indonesia seringkali melibatkan penjual dan pembeli secara langsung dan tanpa perantara. 

 

4. SMS banking adalah metode pembayaran terpopuler

Tidak peduli pengguna yang berdomisili di kota besar atau kecil, SMS banking merupakan metode pembayaran yang paling sering digunakan, meliputi 67% dari total pengguna. Hal ini cukup wajar jika melihat jejaring sosial sebagai media berjualan online yang paling sering digunakan, dimana transaksi biasanya diikuti oleh transfer dana dari rekening pembeli ke penjual.

Internet banking menyusul di posisi kedua, mencatatkan angka 33% dari total transaksi jual-beli online. Kendati demikian, sebesar 56,5% dari aktivitas internet banking dilakukan melalui aplikasi yang ada pada perangkat mobile.

 

5. Alasan tidak berbelanja online paling umum

Terlepas dari keempat fakta di atas, nyatanya sebanyak 72,7% pengguna internet di Indonesia mengatakan belum pernah berbelanja online – tahun 2015 ini kemungkinan besar angka tersebut menurun. Alasan paling umum yang membuat pengguna internet mengurungkan niatnya untuk berbelanja online adalah anggapan mereka bahwa prosesnya akan berlangsung lama (59,5%).

Selain khawatir prosesnya akan memakan banyak waktu, 38% pengguna internet di Indonesia tidak mau berbelanja online karena takut barang yang dijual tidak sama dengan yang ada pada gambar, alias takut ditipu oleh sang pedagang.

Nah sekarang kamu sudah tau kan fakta tentang jual beli online, market jual beli online terbuka luas buat kamu yang mau mengembangkan usahanya. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengiklankan produk kamu di tokobamega.com. Selain gratis kamu juga bisa dapat pasar yang lebih luas. Jadi tunggu apalagi?? Segera Promosikan produk kamu bersama tokobamega.com

 

Daftar

From the same category